Jumat, 14 Juni 2013

Web Based Lesson Kesebangunan dan Kekonggruenan

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih. Salah satunya yaitu internet. Saat ini, internet dalam pembelajaran sangat perlu untuk digunakan karena kita dapat membuat pembelajaran lebih menarik untuk siswa. Untuk itu sebagai pendidik (guru) hendaknya dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam kegiatan belajar mengajar. Berikut  adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika materi tentang kesebangunan dan kekonggruenan bangun datar yang dipelajari pada kelas IX. Berikut penjelasannya:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

A.    Standar  Kompetensi
1.     Memahami Kesebangunan bangun-bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

B.    Kompetensi Dasar
          1.1.   Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

C.    Indikator
1.     Mengidentifikasi dua bangun datar sebangun atau kongruen
2.    Membedakan pengertian sebangun dan kongruen

D.    Metode Pembelajaran
Kooperatif menggunakan internet

E.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran berawal dari memanfaatkan video pembelajaran di youtube yang berkaitan dengan kesebangunan bangun datar. Video pembelajaran ini dapat kita lihat dialamat berikut.
Pada pembelajaran yang disampaikan pada video ini berdurasi kurang lebih satu setengah menit.  Kegiatan awal yang dilakukan dalam video ini adalah memberikan penjelasan mengenai pengertian kesebangunan dan kekonggruenan.
Video pembelajaran kedua dapat dilihat di alamat berikut:
Pada video kedua ini, penjelasan mengenai kesebangunan dan kekonggruenan dijelaskan lebih rinci.
Di bawah ini akan di berikan langkah-langkah kegiatan pembelajarannya:
No
Guru
Siswa
1
Guru mengawali pembelajaran dengan memutarkan video pembelajaran tentang kesebangunan dan kekonggruenan pada siswa
Para peserta didik bersama-sama menonton video pembelajaran yang telah diputar guru.
2
Setelah menonton video tersebut, guru membentuk siswa dalam beberapa kelompok
Siswa membentuk kelompok yang telah ditentukan oleh guru
3
Guru meminta setiap kelompok untuk menceritakan kembali isi pembelajaran pada video yang diputar
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka
4
Setelah kegiatan diskusi selesai guru mengajak siswa untuk mengerjakan soal pada buku bse yang telah di download

Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan.
5
Sebagai bahan belajar tambahan, guru memberikan alamat web berisi materi tentang kesebangunan dan kekonggruenan
Para peserta didik mencatat referensi yang telah diberikan.
6
Untuk kegiatan akhir  pembelajaran, guru mengajak siswa untuk bermain secara online untuk lebih memahami materi kesebangunan dan kekonggruenan
Siswa  bermain game mengenai materi kesebangunan dan kekonggruenan.

Setelah melihat video dan mempelajari materi tentang kesebangunan dan kekonggruenan,  siswa dapat bermain permainan online tentang kesebangunan dan kekonggruenan, tujuannya supaya siswa dapat lebih mengerti lagi tentang materi yang telah dipelajari dan siswa tidak bosan dalam belajar. Permainan tersebut dapat dilihat di alamat web ini
             
Sebagai referensi untuk materi belajar tambahan dan siswa dapat belajar mandiri dirumah siswa dapat mendownload buku yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekonggruenan yang dapat didownload di alamat:

0 komentar:

Posting Komentar