Web
Based Lesson Kesebangunan dan Kekonggruenan
Seiring
perkembangan zaman, teknologi semakin canggih. Salah satunya yaitu internet.
Saat ini, internet dalam pembelajaran sangat perlu untuk digunakan karena kita
dapat membuat pembelajaran lebih menarik untuk siswa. Untuk itu sebagai
pendidik (guru) hendaknya dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam kegiatan
belajar mengajar. Berikut  adalah contoh
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika materi tentang kesebangunan dan
kekonggruenan bangun datar yang dipelajari pada kelas IX. Berikut
penjelasannya:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A.    Standar 
Kompetensi
1.    
Memahami
Kesebangunan bangun-bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
B.    Kompetensi Dasar
          1.1.  
Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen 
C.    Indikator
1.    
Mengidentifikasi
dua bangun datar sebangun atau kongruen 
2.   
Membedakan
pengertian sebangun dan kongruen 
D.    Metode
Pembelajaran
Kooperatif menggunakan internet
E.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran berawal dari memanfaatkan video pembelajaran di youtube yang
berkaitan dengan kesebangunan bangun datar. Video pembelajaran ini dapat kita
lihat dialamat berikut.
Pada
pembelajaran yang disampaikan pada video ini berdurasi kurang lebih satu
setengah menit.  Kegiatan awal yang
dilakukan dalam video ini adalah memberikan penjelasan mengenai pengertian
kesebangunan dan kekonggruenan.
Video
pembelajaran kedua dapat dilihat di alamat berikut:
Pada
video kedua ini, penjelasan mengenai kesebangunan dan kekonggruenan dijelaskan
lebih rinci. 
Di bawah ini akan di berikan langkah-langkah
kegiatan pembelajarannya:
No 
 | 
  
Guru 
 | 
  
Siswa 
 | 
 
1 
 | 
  
Guru
  mengawali pembelajaran dengan memutarkan video pembelajaran tentang kesebangunan
  dan kekonggruenan pada siswa 
 | 
  
Para
  peserta didik bersama-sama menonton video pembelajaran yang telah diputar
  guru. 
 | 
 
2 
 | 
  
Setelah menonton video tersebut, guru membentuk
  siswa dalam beberapa kelompok 
 | 
  
Siswa
  membentuk kelompok yang telah ditentukan oleh guru 
 | 
 
3 
 | 
  
Guru meminta setiap kelompok untuk
  menceritakan kembali isi pembelajaran pada video yang diputar 
 | 
  
Siswa
  mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka  
 | 
 
4 
 | 
  
Setelah
  kegiatan diskusi selesai guru mengajak siswa untuk mengerjakan soal pada buku
  bse yang telah di download 
 | 
  
Siswa
  mengerjakan latihan soal yang diberikan. 
 | 
 
5 
 | 
  
Sebagai
  bahan belajar tambahan, guru memberikan alamat web berisi materi tentang kesebangunan
  dan kekonggruenan 
 | 
  
Para
  peserta didik mencatat referensi yang telah diberikan. 
 | 
 
6 
 | 
  
Untuk
  kegiatan akhir  pembelajaran, guru
  mengajak siswa untuk bermain secara online untuk lebih memahami materi
  kesebangunan dan kekonggruenan 
 | 
  
Siswa  bermain game mengenai materi kesebangunan
  dan kekonggruenan. 
 | 
 
Setelah melihat video dan mempelajari materi tentang kesebangunan dan
kekonggruenan,  siswa dapat bermain
permainan online tentang kesebangunan dan kekonggruenan, tujuannya supaya siswa
dapat lebih mengerti lagi tentang materi yang telah dipelajari dan siswa tidak
bosan dalam belajar. Permainan tersebut dapat dilihat di alamat web ini 
Sebagai referensi untuk
materi belajar tambahan dan siswa dapat belajar mandiri dirumah siswa dapat
mendownload buku yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekonggruenan yang
dapat didownload di alamat:







0 komentar:
Posting Komentar